Mengoptimalisasi Kesehatan: Tips Jaga Imun di Tahun Baru Imlek

(ilustrasi merayakan imlek dengan keluarga, sumber : freepik)

Perayaan imlek memang sangat identik dengan banyaknya makanan, kumpul bersama keluarga sampai terkadang lupa waktu untuk beristirahat. Selain memperhatikan angpao, sistem imun juga diperhatikan agar tidak sakit selama menjalani perayaan. 

Tahun baru imlek merupakan perayaan yang cukup penting bagi masyarakat Tionghoa di seluruh belahan dunia. Melalui perayaan ini, masyarakat tionghoa memiliki waktu untuk berkumpul bersama dengan berbagi kebahagian, makan bersama, atau menikmati tradisi bersama, 

Yang telah dilestarikan secara turun-temurun. Itulah mengapa perayaan imlek sungguh berarti bagi masyarakat Tionghoa dan bukan hanya sekedar pergantian tahun saja. Momen yang terjadi hanya sekali dalam setahun ini tentu sangat ditunggu-tunggu. 

Bahkan saking excited dalam menyambut perayaan imlek, terkadang kita sering lupa dalam menjaga kesehatan tubuh. Seperti pola makan yang tidak teratur dan kurang waktu untuk tidur dikarenakan senang bertemu dengan keluarga jauh. 

Hal inilah yang membuat sistem imun menjadi lemah. Dan tak sedikit banyak yang kelelahan atau bahkan jatuh sakit saat merayakan imlek. Untuk itu pentingnya menjaga kesehatan tubuh setiap harinya. 

Baca Juga : Hidup Sehat : Cara Memasak Tanpa Digoreng 

Tips Menjaga Kesehatan Imun Saat Perayaan Imlek 

(sistem imun agar selalu terjaga dengan teratur dalam menjaga pola makan, sumber : freepik)

(sistem imun agar selalu terjaga dengan teratur dalam menjaga pola makan, sumber : freepik)

Berikut beberapa tips umum dan sederhana yang bisa membantu dalam menjaga sistem imun agar selalu optimal dalam menyambut dan menjalankan perayaan tahun baru imlek : 

1. Makanan Seimbang

Perayaan Imlek seringkali diwarnai dengan hidangan lezat dan kue-kue khas. Meskipun begitu, penting untuk tetap memperhatikan asupan makanan yang seimbang. Pastikan untuk mengonsumsi cukup sayuran, buah-buahan, protein, dan biji-bijian untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hindari makanan yang terlalu banyak gula dan lemak jenuh.

Baca Juga : Berdaya Saing di Usia Emas: Gaya Hidup Sehat Lansia

2. Istirahat Cukup

Perayaan Imlek dapat membuat jadwal tidur menjadi tidak teratur, terutama dengan adanya acara-acara keluarga yang berlangsung hingga larut malam. Namun, usahakan untuk tetap mendapatkan istirahat yang cukup setiap malamnya. Tidur yang cukup membantu memperkuat sistem imun tubuh dan mempercepat proses pemulihan.

3. Minum Air Putih Secukupnya

Jaga kecukupan asupan cairan dengan memperbanyak minum air putih. Air membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu dalam proses detoksifikasi. Hindari minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan, karena dapat mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh dan melemahkan sistem imun.

4. Bergerak Aktif

Meskipun perayaan Imlek seringkali di habiskan dengan berkumpul bersama keluarga, tetaplah mencari waktu untuk bergerak aktif. Berjalan-jalan ringan atau melakukan latihan ringan seperti tai chi atau yoga dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental.

5. Jaga Kebersihan

Dalam kerumunan besar seperti perayaan Imlek, risiko penularan penyakit dapat meningkat. Selalu jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, serta setelah menggunakan toilet. Gunakan juga masker jika diperlukan, terutama jika merasa tidak enak badan atau berada di area yang ramai.

Baca Juga : Bebas Panas Dalam dengan Meniran Hijau

6. Mengelola Stres

Perayaan Imlek bisa menjadi momen yang menyenangkan, tetapi juga dapat menimbulkan stres bagi sebagian orang, terutama dalam persiapan dan pelaksanaannya. Cari cara untuk mengelola stres seperti meditasi, pernapasan dalam, atau berbagi cerita dan tawa bersama keluarga.

Untuk hasil yang optimal dalam memelihara daya tahan tubuh agar selalu terjaga, kamu bisa konsumsi Madu Zymuno setiap harinya. Zymuno terbuat dari bahan herbal alami seperti temulawak, daun kelor, meniran hijau, dan madu hutan alami. 

Sehingga aman tanpa campuran bahan kimia lainnya. Zymuno juga bisa dikonsumsi mulai usia 2 tahun tanpa batas maksimal usia, sehingga cocok menjadi teman imun ditengah-tengah keluarga. Informasi pembelian Zymuno bisa klik link di bio instagram @zymuno.id.

Atau bisa klik Whatsapp Official Zymuno agar langsung terhubung melalui admin Zymuno. Demikian informasi yang disampaikan, dengan mengikuti beberapa tips sederhana di atas, kesehatan dan sistem imun tubuh akan selalu optimal.

Tetaplah menikmati momen bersama keluarga dan menjaga diri agar selalu sehat dan bugar. Selamat merayakan tahun baru imlek bersama keluarga ya! (FAS)

Artikel Terkait : 

7 Rekomendasi Makanan Wajib Khas Imlek 

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh CV Family Herbal. Dilindungi oleh undang-undang.