Berdaya Saing di Usia Emas: Gaya Hidup Sehat Lansia

(ilustrasi lansia memiliki gaya hidup sehat, sumber : freepik)
Bagikan Artikel Ini

Memiliki hidup yang sehat di usia emas adalah dambaan semua orang. Beberapa cara dilakukan mulai dari menjaga nutrisi yang seimbang, aktivitas fisik yang rutin, dan lainnya. Dengan hidup yang sehat dapat menikmati di usia tua

Menjadi tua merupakan sebuah proses alamiah yang akan terjadi oleh semua orang di dunia. Namun menjadi tua dengan kesehatan yang masih terjaga adalah sebuah dambaan setiap orang. Seiring bertambahnya usia terkadang fungsi tubuh juga mengalami penurunan. 

Baik dari segi mata, kekuatan tubuh, sampai dengan daya ingat seseorang. Maka dari itu, kesehatan merupakan sebuah aset yang paling berharga sampai kapanpun. Salah satu cara yang dilakukan adalah menerapkan gaya hidup sehat. 

Sebab gaya hidup sehat merupakan kunci utama dalam meningkatkan kualitas di usia emas. Dengan hidup yang sehat, lansia dapat bebas melakukan berbagai hal yang ingin dilakukan mulai dari berkebun, memasak, bermain dengan cucu, hingga santai sambil menikmati usia tua. 

Cara Gaya Hidup Sehat Lansia

(ilustrasi lansia melakukan aktivitas atau olahraga secara rutin, sumber : freepik)

(ilustrasi lansia melakukan aktivitas atau olahraga secara rutin, sumber : freepik)

Pentingnya gaya hidup sehat bagi lansia agar tetap berdaya saing dalam melanjutkan kehidupan dengan menikmati usia tua yang indah tanpa sakit. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan oleh lansia dalam menjalani gaya hidup : 

1. Nutrisi yang Seimbang

Nutrisi yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh pada usia lanjut. Lansia sebaiknya memperhatikan asupan makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein dari sumber yang baik menjadi kunci utama untuk menjaga kesehatan jantung, tulang, dan sistem kekebalan tubuh.

2. Aktivitas Fisik yang Teratur

Meskipun usia sudah lanjut, tetap aktif fisik sangat penting. Olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang, atau senam dapat membantu menjaga kekuatan otot, menjaga keseimbangan tubuh, dan meningkatkan sirkulasi darah. Aktivitas fisik teratur juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

Baca Juga : Manfaat Bonding Dengan Anak: Meningkatkan Imunitas

3. Penuh Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah faktor kunci untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Lansia sebaiknya memastikan mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malamnya. Tidur yang baik membantu proses regenerasi sel-sel tubuh, meningkatkan daya ingat, dan mengurangi risiko gangguan kesehatan seperti depresi.

4. Tetap Aktif Sosial

Interaksi sosial memiliki dampak positif pada kesehatan mental lansia. Bergaul dengan teman-teman, keluarga, atau terlibat dalam kegiatan sosial dapat membantu mengurangi risiko depresi dan meningkatkan kesejahteraan emosional. Tetap terlibat dalam komunitas juga memberikan rasa tujuan dan kebahagiaan.

5. Pertahankan Mental yang Aktif

Melatih otak melalui kegiatan-kegiatan seperti membaca, menulis, memecahkan teka-teki, atau belajar hal baru dapat membantu menjaga kognisi dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Aktivitas mental yang teratur juga dapat memberikan tantangan positif dan memelihara fungsi otak.

6. Rutin Pemeriksaan Kesehatan

Penting untuk menjalani pemeriksaan kesehatan rutin guna mendeteksi dini potensi masalah kesehatan. Lansia sebaiknya berkonsultasi dengan dokter secara berkala untuk memastikan bahwa kondisi kesehatan mereka tetap terpantau dan mendapatkan perawatan yang diperlukan.

Dengan memetik atau mengambil beberapa cara gaya hidup di atas yang bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari merupakan sebuah langkah maju dalam berinvestasi untuk kualitas hidup yang lebih baik lagi. 

Beberapa cara dan langkah harus dilakukan dengan seimbang seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, olahraga secara teratur, tidur yang cukup, melakukan interaksi sosial, menjaga kesehatan mental, serta melakukan pemeriksaan secara rutin. 

Meski terlihat seperti rumit dalam pelaksanaannya, namun ingatlah ini merupakan sebuah cara dalam menikmati masa tua dengan hidup yang lebih bersemangat dan bermakna. Semoga informasi ini membantu kunjungi situs website zymuno.com dan sosial media instagram @zymuno.id. Salam sehat! (FAS)

Artikel Terkait : 

Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh Lansia: Langkah-langkah Sederhana untuk Kesehatan yang Lebih Baik

Bagikan Artikel Ini

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh PT Herbathos Untuk Indonesia. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Zymuno?