Cegah Kanker: Tips Masak Pare Agar Tidak Pahit 

meskipun rasa pahit namun pare memiliki banyak manfaat bagi tubuh
Bagikan Artikel Ini

Rasanya yang pahit membuat pare menjadi sayuran yang belum banyak peminatnya. Namun beberapa penelitian menjelaskan bahwa pare dapat mencegah terjadinya kanker. Meskipun harus banyak penelitian dan jurnal yang mendukungnya. Berikut beberapa tips agar pare tidak pahit.

Pare atau nama latinnya adalah Momordica charantia adalah sebuah tumbuhan yang menghasilkan buah yang dikenal dengan nama yang sama, yaitu pare atau bitter melon. Mengapa bitter melon karena rasanya yang cukup pahit dan itu merupakan panggilan dalam bahasa inggris. 

Pare biasanya memiliki bentuk yang panjang dan berbenjol-benjol, dengan kulit yang kasar. Warna kulitnya bisa bervariasi mulai dari hijau tua sampai dengan warna kuning atau oranye tergantung pada tingkat kematangan.

Meskipun rasa pahitnya membuatnya kurang populer di beberapa budaya buah pare sering digunakan dalam masakan Asia dan India. Untuk menghidangkannya ada berbagai cara mulai dari merebus, goreng, atau dimasak dengan campuran beberapa masakan. 

Ada baiknya untuk tidak menilai tampilan dari luarnya, karena pare sendiri memiliki jumlah nutrisi dan senyawa bioaktif yang bermanfaat dalam memberikan kesehatan. Sebagian orang mengatakan bahwa konsumsi pare dapat mengatur gula darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan antioksidan. 

Bahkan pare digadang-gadang dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Walaupun masih sebagian penelitian mengatakan perlu penelitian dan jurnal ilmiah untuk menyetujui argumen ini. 

Tips Masak Pare Agar Tidak Pahit

tips memasak pare agar rasanya tidak pahit saat dikonsumsi

(tips memasak pare agar rasanya tidak pahit saat dikonsumsi, sumber : freepik)

 

Karena rasanya yang pahit membuat sebagian orang mencari cara untuk memasak sayuran pare dengan benar. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit pada pare : 

1. Rendam dalam Air Garam

Sebelum memasak rendam irisan pare dalam air garam selama beberapa menit. Ini dapat membantu mengurangi tingkat kepahitan dan juga menghilangkan getah pada pare. Setelah merendam pare menggunakan air garam jangan lupa untuk mencuci bersih, selanjutnya pare sudah bisa digunakan.

Baca Juga : Manfaat Menanam Daun Kelor Sendiri!

2. Hilangkan Bijinya

Bijinya adalah bagian yang paling pahit dari pare. Saat memotong pare kamu dapat menghilangkan bijinya dengan menggunakan sendok atau pisau kecil. Mengurangi biji dapat membantu mengurangi rasa pahit.

3. Rebus Cepat

Sebelum memasak pare dalam hidangan utama kamu bisa blansir atau merebusnya sebentar dalam air mendidih. Ini membantu mengurangi rasa pahit. Setelah itu kamu bisa menyajikannya sesuai dengan resep yang diinginkan.

4. Goreng dengan Bumbu yang Tepat

Memasak pare dengan bumbu yang tepat dapat membantu mengatenuasi rasa pahitnya. Gunakan bumbu seperti bawang putih, jahe, dan rempah-rempah lainnya yang dapat memberikan citarasa yang kuat.

5. Padukan dengan Bahan Lain

Kombinasikan pare dengan bahan-bahan lain yang memiliki rasa lebih manis atau gurih. Ini dapat membantu menyeimbangkan rasa pahit pare. Misalnya kamu memadukan pare bersama dengan daging, udang, atau tahu seperti makanan daerah kita yakni siomay bandung. 

6. Pilih Pare yang Masih Muda

Pare yang masih muda cenderung memiliki rasa yang lebih ringan dan kurang pahit dibandingkan dengan yang sudah matang. Pilih pare yang masih berwarna hijau dan lebih kecil untuk mengurangi rasa pahit.

Manfaat Konsumsi Pare Bagi Kesehatan

Meskipun masih banyak yang belum tertarik konsumsi sayuran jenis satu ini. Namun yang perlu diketahui bahwa pare membawa dampak positif bagi kesehatan tubuh manusia : 

1. Penurunan Berat Badan

Pare dapat menjadi pilihan baik untuk orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori dalam pare membuatnya cocok dalam diet penurunan berat badan.

2. Kesehatan Lambung

Konsumsi pare dapat membantu meningkatkan pencernaan dan kesehatan lambung. Pare dapat merangsang produksi enzim pencernaan dan membantu mengurangi masalah pencernaan seperti sembelit.

3. Kesehatan Mata

Pare mengandung vitamin A dan antioksidan seperti beta-karoten yang dapat mendukung kesehatan mata. Konsumsi nutrisi ini dapat membantu melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan penyakit mata terkait usia.

4. Penyembuhan Luka

Pare diketahui memiliki sifat penyembuhan luka. Beberapa senyawa dalam pare dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan regenerasi sel.

5. Peningkatan Sistem Kekebalan Tubuh

Pare mengandung sejumlah nutrisi dan senyawa antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan sendiri bekerja untuk melawan radikal bebas serta melindungi tubuh dari serangan berbagai virus dan penyakit.

Nah itu dia beberapa tips agar tidak pahit saat memasak pare dan juga manfaat jika kamu mengonsumsi pare dalam menu makananmu. Meskipun rasanya pahit namun ternyata memiliki banyak manfaat lainnya yang baik untuk tubuh. 

Jadi bagaimana apakah kamu sudah tertarik dengan pare? Agar rasa pahit tertutupi padu padankan dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah di dapur. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu. Selamat mencoba kreasi masakan pare di rumah! (FAS)

ARTIKEL TERKAIT :

Madu Manis, Tapi Waspada: 4 Hal yang Dihindari Setelah Menikmati Madu

Bagikan Artikel Ini

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh CV Family Herbal. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Zymuno?