Tetap Aman dan Nyaman: Tips Berenang di Kolam Umum Tanpa Menyebabkan Alergi

tips berenang agar tidak alergi
Bagikan Artikel Ini

Berenang adalah olahraga air yang menyenangkan. Dengan berenang adalah cara yang paling ampuh dalam melepaskan penat baik beban dan pikiran. Meskipun berenang menyenangkan namun perlu diperhatikan penggunaan kaporit di kolam umum.  

Berenang adalah kegiatan olahraga atau rekreasi yang melibatkan gerakan tubuh di dalam air. Aktivitas ini dapat dilakukan di berbagai tempat, seperti kolam renang, danau, sungai, atau laut. Berenang tidak hanya memberikan kesenangan dan ketenangan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Manfaat berenang antara lain dapat meningkatkan kebugaran fisik, mengurangi risiko cedera, menurunkan stres, membakar kalori, meningkatkan sistem kardiovaskular, membakar kalori, dan juga meningkatkan teknik pernapasan. 

Meskipun manfaat berenang sangat banyak bagi kesehatan tubuh, namun berenang setiap hari juga memiliki dampak yang kurang baik lho. Terlebih jika kita menggunakan tempat renang umum. 

Penggunaan bahan kimia yakni kaporit apabila selalu bersentuhan dengan kulit setiap harinya memiliki efek negatif. Ditambah dengan teriknya sinar matahari yang membuat efek negatif pada kulitmu. 

Ritme seperti ini bisa meningkatkan iritasi pada kulit dan menyebabkan alergi. Untuk itu pahami dan perhatikan dampak yang akan nantinya terjadi pada kulit kamu. 

Tips Berenang di Kolam Umum Tanpa Menyebabkan Alergi

Berenang di kolam umum dapat menyenangkan, tetapi beberapa orang mungkin mengalami iritasi kulit atau mata karena penggunaan bahan kimia dalam air kolam. Berikut adalah beberapa tips untuk berenang di kolam umum tanpa menyebabkan alergi kulit atau mata:

1. Mandi Sebelum dan Sesudah Berenang

Mandi sebelum masuk ke dalam kolam untuk membersihkan kotoran dan minyak pada tubuh. Mandi segera setelah keluar dari kolam untuk menghilangkan residu klorin atau bahan kimia lainnya.

2. Gunakan Peralatan Pelindung

gunakan kacamata renang untuk mengatasi mata akibat alergi

(gunakan kacamata renang untuk mengatasi mata akibat alergi, sumber : freepik)

Gunakan kacamata renang untuk melindungi mata dari iritasi klorin.Gunakan topi renang untuk melindungi rambut dari efek klorin dan bahan kimia lainnya.

Baca Juga : Cara Memaksimalkan Olahraga Agar Daya Tahan Tubuh Terjaga

3. Pilih Kolam yang Berkualitas Baik

Pilih kolam renang yang menjaga kualitas air dengan baik dan memiliki sistem filtrasi yang efektif. Pastikan kolam memiliki tingkat keseimbangan pH yang tepat.

4. Perhatikan Kandungan Kimia Kolam

Pastikan kolam menggunakan jumlah klorin yang cukup, tetapi tidak berlebihan. Hindari berenang di kolam yang memiliki tingkat kandungan bahan kimia yang tinggi. Jika terasa bau kaporit menyengat, pastikan untuk tidak berenang demi menjaga timbulnya alergi.m 

5. Gunakan Pelembab Setelah Berenang

gunakan sunscreen untuk melindungi kulit

(gunakan sunscreen untuk melindungi kulit, sumber : freepik)

Gunakan pelembab kulit setelah mandi untuk menjaga kelembaban dan mencegah kulit kering. Dan jangan lupa gunakan sunscreen dan sunblock agar tidak langsung tersengat matahari. Minimal penggunaan 30 spf. 

6. Hindari Produk Kimia Tambahan

Hindari menggunakan produk kimia seperti pewangi atau lotion sebelum berenang, karena dapat menimbulkan reaksi dengan bahan kimia kolam.

7. Pantau Reaksi Alergi

Jika kamu memiliki riwayat alergi terhadap bahan kimia kolam, pantau reaksi kulit atau mata bila menimbulkan sesuatu seperti gatal-gatal atau bahkan perih  pastikan konsultasikan dengan tenaga profesional kesehatan jika diperlukan.

Nah itu dia beberapa tips berenang di kolam renang agar tetap aman dan nyaman. Dengan memperhatikan hal-hal kecil seperti ini diharapkan dapat menjaga kesehatan agar terhindar dari alergi. 

Jika kamu memiliki kekhawatiran khusus terkait alergi atau sensitivitas kulit, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau dermatologis. Semoga artikel ini membantu dan jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dengan @zymuno.id selamat mencoba! (FAS)

Artikel Terkait :

Kenali Lebih Dalam : Manfaat Snorkeling Untuk Kesehatan

Bagikan Artikel Ini

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh PT Herbathos Untuk Indonesia. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Zymuno?