Rahasia Kesehatan: Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Menggunakan Transportasi Umum 

tips aman menjaga kesehatan saat menggunakan transportasi umum
Bagikan Artikel Ini

Menggunakan kendaraan umum sebagai alat transportasi memang kebutuhan sehari-hari. Agar aman dan terhindar dari berbagai virus dan bakteri. Kesehatan perlu dijaga. 

Sebagai pekerja kebutuhan akses dalam bertransportasi memang sebuah kebutuhan. Ditambah dengan jarak tempuh yang jauh dari rumah menuju kantor, menggunakan kendaraan umum selain hemat bensin juga mengurangi polusi udara dan kendaraan yang padat. 

Jika dilihat dari sisi menghemat tenaga dan meminimalisir polusi memang menggunakan transportasi umum diketahui bantu mencegah hal itu terjadi. Namun menggunakan transportasi umum juga menjadi cikal bakal sumber penyakit. 

Mengingat kendaraan umum tempat berkumpulnya masing-masing individu. Dengan kata lain kita tidak mengetahui kondisi kesehatan masing-masing penumpang. Kondisi penyebaran seperti virus dan bakteri akan lebih cepat menular melalui udara di dalam transportasi tersebut. 

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Menggunakan Kendaraan Umum

Menjaga kesehatan saat naik kendaraan umum adalah langkah penting untuk mencegah penularan penyakit dan menjaga kondisi tubuh kamu. Berikut beberapa tips bisa kamu ikuti dan membantu dalam menjaga kesehatan : 

1. Gunakan Masker

penggunaan masker sebagai langkah tepat dalam mencegah berbagai penyakit ditransportasi umum

(penggunaan masker sebagai langkah tepat dalam mencegah berbagai penyakit di transportasi umum, sumber : freepik)

Meskipun pandemi covid-19 sudah di angka yang cukup rendah. Namun kita tidak tahu dengan penyakit di masa depan. Alangkah lebih baiknya, untuk menghindar dan melindungi diri sebelum terjangkit sebuah virus dan bakteri. 

Terlebih berita terkini menyebutkan, di Jakarta sudah muncul penyakit mycoplasma pneumonia. Agar sama-sama berhati-hati penggunaan masker menjadi langkah tepat untuk melindungi diri dan orang lain. 

Baca Juga : Musim Hujan, Kekebalan Kuat: Tips untuk Tubuh Tetap Sehat

2. Bawa Hand Sanitizer

menggunakan handsanitizer sebagai pencegahan

(menggunakan handsanitizer sebagai pencegahan, sumber : freepik)

Saat di transportasi umum, kesusahan dalam mencari air dan sabun menjadi pr buat kita. Penggunaan hand sanitizer berbasis alkohol untuk membersihkan tangan, terutama setelah menyentuh permukaan umum seperti pegangan, tombol pintu, dan lainnya.

3. Hindari Sentuhan Langsung

Sebelum menyentuh anggota tubuh kita menggunakan tangan, lakukan pembersihan terlebih dahulu seperti mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Sebab tangan menjadi anggota tubuh yang langsung bersentuhan dengan permukaan atau benda-benda. 

Maka dari itu hindari menyentuh wajah, terutama hidung, mulut, dan mata, karena virus dapat masuk melalui permukaan ini.

4. Jaga Jarak Fisik

Usahakan untuk menjaga jarak fisik dengan orang lain jika dirasa bisa dengan minimal jarak  1-2 meter untuk mengurangi risiko penularan. Atau jika memungkinkan hindari kerumunan saat menggunakan transportasi umum. 

5. Gunakan Tisu

Gunakan tisu atau siku lengan untuk menutup hidung atau mulut saat bersin atau batuk. Selain itu, ini juga merupakan cara berperilaku sopan di tempat umum. Dan memberikan kenyamanan bagi pengguna transportasi umum lainnya. 

6. Bawa Barang Pribadi 

Pastikan selalu menjaga kebersihan pribadi dengan selalu membawa barang pribadi. Demi menjaga kenyamanan dan meminimalisir penyebaran virus dan bakter. Kamu bisa mulai membawa botol minum, alat makan, dan alat ibadah sendiri. 

Nah itu dia, beberapa penjelasan mengenai tips menjaga kesehatan tubuh dengan menggunakan alat transportasi umum. Selalu ingat bahwa kesadaran dan tindakan pencegahan adalah sebuah awal dalam menjaga kesehatan. 

Apapun pilihan transportasinya, dengan mematuhi protokol kesehatan dengan diimbangi perilaku yang bersih dan gaya hidup yang sehat dapat mencegah terjangkitnya suatu penyakit. Semoga artikel ini membantu, yuk jaga kesehatan mulai dari sekarang! (FAS)

ARTIKEL TERKAIT :

Tangan Bersih, Hidup Sehat: Manfaat Cuci Tangan yang Rutin

Bagikan Artikel Ini

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh CV Family Herbal. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Zymuno?