Jaga Kesehatan Mental dan Emosional dengan ‘Me Time’

(ilustrasi wanita sedang melakukan me time, sumber : freepik)
Bagikan Artikel Ini

Menjaga kesehatan mental dan emosional dapat dilakukan dengan berbagai macam. Memiliki manfaat dalam menurunkan stres, meningkatkan konsentrasi, dan menjaga kesehatan lainnya. 

Di era modern yang menjunjung tinggi kesehatan mental, memiliki tantangan tersendiri. Tidak banyak yang menganggap bahwa persoalan tersebut adalah hal yang sangat biasa. Padahal, kesehatan mental dan emosional memiliki peran penting dalam kehidupan. 

Sebab kesehatan mental dan emosional sangat berkaitan pada pikiran dan perasaan kita sebagai manusia. Sehingga tidak hanya tubuh yang mendapatkan perawatan namun kedua elemen tersebut sangat penting diperhatikan. 

Banyak cara dalam melakukan perawatan kesehatan mental dan emosional. Mulai dari pergi ke psikolog, curhat bersama orang terdekat, traveling, sampai dengan melakukan ‘Me Time’. Istilah ‘me time’ sendiri adalah waktu yang dihabiskan untuk diri sendiri dengan tujuan, 

Merilekskan pikiran, meremajakan jiwa, serta mengembalikan energi positif. Umumnya kegiatan ini dilakukan oleh diri sendiri tanpa adanya gangguan eksternal. Momen ini juga bisa dijadikan jembatan untuk bisa mengenal diri sendiri lebih dalam. 

Manfaat Me Time Bagi Kesehatan

(manfaat me time yang dapat dirasakan lebih bahagia dan mengurangi tingkat stres, sumber : freepik)

(manfaat me time yang dapat dirasakan lebih bahagia dan mengurangi tingkat stres, sumber : freepik)

Me time atau kegiatan yang dihabiskan untuk diri sendiri memiliki sejumlah manfaat yang besar bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan : 

1. Menurunkan Tingkat Stres

Dengan mengalokasikan waktu untuk ‘Me Time’, seseorang dapat meninggalkan tuntutan dan tekanan dari rutinitas sehari-hari. Ini membantu menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

Baca Juga : Hidup Mandiri: Tips Jaga Kesehatan Anak Kos

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Dengan memberikan diri sendiri istirahat yang cukup, pikiran akan lebih segar dan fokus. Hal ini dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi dan produktivitas dalam aktivitas sehari-hari.

3. Memperkuat Koneksi dengan Diri Sendiri

‘’Me Time’ juga memberikan kesempatan untuk merenung dan memahami diri sendiri dengan lebih baik. Ini membantu dalam membangun koneksi yang lebih dalam dengan perasaan dan kebutuhan pribadi.

4. Mengatasi Kecemasan dan Depresi

Waktu untuk diri sendiri dapat menjadi waktu untuk mengatasi perasaan cemas atau depresi. Aktivitas yang memberikan kebahagiaan dan ketenangan dapat membantu mengurangi gejala-gejala tersebut.

5. Meningkatkan Kreativitas

Dalam momen ‘Me Time’, otak memiliki kesempatan untuk bersantai dan mengembara. Hal ini dapat memicu kreativitas dan membuka ruang untuk ide-ide baru.

6. Memperbaiki Kualitas Tidur

Pengalaman ‘Me Time’ sebelum tidur dapat membantu dalam melepas ketegangan dan meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang baik memiliki dampak positif pada kesehatan mental secara keseluruhan.

Agar ‘me time’ berjalan dengan lancar ada baiknya untuk tidak merasa bersalah pada diri sendiri seperti mengeluarkan uang lebih untuk membeli yang kamu suka atau menghindar dulu dari lingkungan sosial. 

Hal ini agar menjadi kunci untuk menjaga kesehatan mental dan emosional. Dengan memberikan diri kesempatan untuk merenung atau melepaskan diri dari permasalahan yang membuatnya menjadi tekanan sehari-hari. 

Semoga dengan mengaplikasikan kegiatan ‘me time’ sebagai rutinitas harian, dapat meresapi manfaat yang diberikan dan menciptakan pondasi yang lebih kuat untuk kesehatan mental dan emosional dalam menjalani kehidupan yang berkelanjutan. 

Simak terus informasi lainnya seputar lifestyle, edukasi, tips dan trik melalui website zymuno.com dan sosial media instagram @zymuno.id. Salam sehat! (FAS)

Artikel Terkait :

Manfaat Quality Time Bersama Keluarga Untuk Kesehatan

Bagikan Artikel Ini

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh PT Herbathos Untuk Indonesia. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Zymuno?