10 Makanan yang Efektif Menangkal Radikal Bebas

(Mengonsumsi makanan, Sumber: Freepik)
Bagikan Artikel Ini

Radikal bebas adalah molekul yang bikin rusuh dan bisa bikin sakit, kayak penyakit jantung, kanker, atau bikin kita cepet tua. Tapi, tenang aja, tubuh punya pasukan antioksidan buat lawan mereka. Salah satu caranya, makan makanan yang banyak antioksidannya.

Kesehatan tubuh merupakan salah satu hal yang penting bagi kita semua. Salah satu ancaman terhadap kesehatan adalah radikal bebas, molekul yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh.

Untungnya, ada cara untuk melawan radikal bebas ini, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Makanan-makanan ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh kita dan melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dalam artikel ini, kita akan mengenal 10 makanan yang efektif dalam menangkal radikal bebas dan mengapa penting untuk memasukkan mereka ke dalam pola makan kita sehari-hari.

Baca juga: Mengenal Radikal Bebas: Dampak dan Cara Menghindarinya – Zymuno Official Website

Makanan untuk Menangkal Radikal Bebas

(Kacang-kacangan, Sumber: Freepik)

(Kacang-kacangan, Sumber: Freepik)

Berikut adalah 10 makanan yang efektif menangkal radikal bebas.

Buah-buahan dan Sayuran Segar

Buah-buahan dan sayuran segar adalah sumber utama antioksidan. Ini karena mereka mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin E, beta-karoten, dan selenium. Buah-buahan dan sayuran yang berwarna cerah seperti blueberry, raspberry, stroberi, tomat, dan bayam kaya akan antioksidan.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang tanah mengandung antioksidan yang kuat seperti vitamin E dan selenium. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung lemak sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman yang kaya akan antioksidan yang disebut polifenol. Polifenol dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, teh hijau juga dapat meningkatkan metabolisme dan berpotensi membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti beras merah, gandum, dan quinoa mengandung antioksidan yang disebut fitokimia. Fitokimia dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, biji-bijian utuh juga mengandung serat dan nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Senyawa ini dapat membantu melawan radikal bebas dan meredakan peradangan dalam tubuh. Bawang putih juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Dark Chocolate

Dark chocolate, terutama yang mengandung minimal 70% kakao, mengandung antioksidan yang disebut flavonoid. Flavonoid dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan meningkatkan kesehatan jantung. Namun, ingatlah untuk mengonsumsi dark chocolate dalam jumlah yang moderat dan sebagai bagian dari pola makan yang sehat secara keseluruhan.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung senyawa antioksidan seperti polifenol dan vitamin E. Senyawa ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Jamur

Jamur mengandung senyawa antioksidan seperti ergothioneine dan glutathione yang dapat membantu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Selain itu, jamur juga kaya akan nutrisi seperti vitamin B dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cranberry

Cranberry kaya akan senyawa antioksidan seperti proanthocyanidin yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah infeksi saluran kemih. Selain itu, cranberry juga dapat membantu mencegah penyakit jantung dan kanker.

 

Tidak hanya menambahkan makanan-makanan di atas ke dalam pola makan sehari-hari, penting juga untuk menghindari makanan yang dapat menyebabkan radikal bebas, seperti makanan olahan, makanan tinggi gula, dan minuman beralkohol. Juga pastikan untuk mengonsumsi makanan dengan cara yang sehat, seperti memasak dengan cara dipanggang atau direbus daripada digoreng.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, kalian dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ingatlah untuk selalu memilih makanan yang sehat dan bergizi sebagai bagian dari gaya hidup yang sehat dan aktif. (idm)

Baca juga:

Manfaat Antioksidan dalam Zymuno untuk Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Bagikan Artikel Ini

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh PT Herbathos Untuk Indonesia. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Zymuno?