Cuaca Yang Panas Mempengaruhi Sistem Imunitas Tubuhmu?

Bagikan Artikel Ini

Perubahan cuaca yang ekstrim sangat mempengaruhi sistem imunitas tubuh manusia. Mulai dari cuaca panas sampai dengan cuaca dingin. Ditambah gaya hidup yang tidak sehat dan ketidakpedulian terhadap lingkungan memperburuk kesehatan manusia.

Cuaca Panas

(cuaca panas, sumber : freepik)

 

Cuaca yang tidak menentu seperti musim kemarau yang berkepanjangan membuat sejumlah tempat di daerah – daerah tertentu mengalami kekeringan. Meski cuaca panas tidak langsung menyebabkan penyakit, namun dapat memicu tubuh kita dengan mudah terserang penyakit.

Pengaruh tubuh apabila cuaca terlalu panas ialah pembuluh darah akan dengan mudahnya terbuka. Hal ini menyebabkan tekanan darah menjadi lebih rendah dan jantung bekerja lebih keras untuk mendorong darah ke seluruh tubuh. Jika sudah seperti ini memunculkan berbagai macam penyakit seperti pada kulit munculnya ruam dan gatal – gatal pada area sensitif yang terkena matahari, sedangkan penyakit lainnya yang tidak kelihatan dapat menyebabkan pembengkakan kaki akibat pembuluh darah yang bocor.

Walaupun cuaca panas datang dengan sendirinya secara alamiah karena pergantian musim. Namun manusia juga dapat memperburuk cuaca panas seperti menebang pohon secara sembarangan atau membakar sampah sehingga memperburuk kondisi cuaca dan menyebabkan polusi udara.

Tips Menjaga Suhu Tetap Normal
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh kamu dalam menjaga kesehatan ditengah cuaca yang kurang baik meskpiun tersengat panas. Hal ini bisa jadi pencegahan agar kamu selalu sehat dan bugar.
1. Penuhi Tubuh Dengan Cairan
Cairan sangat baik dan dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga agar tubuh selalu tercukupi dengan air. Tidak hanya berlaku saat cuaca panas saja, mengkonsumsi air putih juga dilakukan saat musim dingin maupun musim lainnya. Karena cairan sangat penting dalam menjaga kestabilan suhu tubuh.

Kamu bisa membawa botol berisi air putih kemanapun saat kamu pergi. Hal ini menghindari ketidakadanya air ditempaat yang sedang kamu kunjungi.
2. Sesuaikan Pakaian
Gunakanlah pakaian yang terbuat dari bahan menyerap keringat atau berbahan tipis seperti kain rayon. Hal ini menghindari reaksi panas dalam tubuh kamu. Sebab saat cuaca panas manusia akan banyak mengeluarkan keringat. Jika keringat tidak terserap dengan baik tubuh akan terasa gatal dan bisa menyebabkan pusing pada sebagian orang.

Dan pilihlah pakaian yang ukurannya lebih longgar. Sehingga mempermudah gerak – gerik tubuhmu dan membuat kamu akan lebih nyaman dalam berpakaian.
3. Berendam
Saat cuaca panas suhu tubuh akan merasa panas. Dan tubuh akan banyak mengeluarkan keringat dibandingkan biasanya. Agar suhu tubuh lebih stabil, menurut lembaga kesehatan WHO seseorang bisa berendam menggunakan air dingin. Jika ini dilakukan bisa mengembalikan suhumu menjadi lebih normal.
4. Menggunakan Alat Pelindung
Saat kamu berada di luar ruangan, kamu bisa menggunakan alat pelindung untuk melindungi tubuhmu dari paparan sinar matahari langsung. Gunakanlah topi atau payung sehingga kepala dan rambutmu terhindar dari sinar matahari. Sebab sinar matahari yang langsung menyentuh kepalamu disiang hari membawa dampak bagi kesehatan. Salah satunya menimbulkan sakit kepala dan keringat berlebih.

Selain menjaga tips untuk mengembalikan suhu agar selalu normal. Ada hal yang harus kamu perhatikan agar sistem imunitas kamu terjaga ditengah cuaca yang panas. Berikut yang bisa kamu ikuti :

Minum Air

(minum air saat panas, sumber : freepik)

 

Cara Menjaga Sistem Imunitas Dari Cuaca Panas
1. Istirahat Yang Cukup
Lakukan tidur yang cukup demi mengistirahatkan tubuh kamu. Karena tidur yang cukup dapat membantu kualitas hidup kamu. Jangan paksakan diri untuk melakukan pekerjaan di luar kemampuan karena badan kita memiliki batas yang tidak bisa dipaksakan. Jika kita terlalu banyak memaksakan diri untuk bekerja, tentu tidak akan baik dan bisa menimbulkan sistem imun yang rendah dan menyebabkan sakit. Cukup tidur sebanyak 7 – 8 jam. Agar tubuh bisa kembali fit dan beraktivitas kembali.
2. Mengkonsumsi Makanan Bergizi
Di tengah cuaca yang panas wajib bagi kita untuk menjaga dan mengatur makanan bergizi. Dengan makanan bergizi dapat mempercepat proses penyembuhan jika seseorang sakit atau meningkatkan imunitas seseorang yang mulai menurun. Hindari makanan yang berlemak dan junk food karena dapat memperburuk kesehatanmu. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung air seperti semangka, jeruk, nanas, timun, dan tomat.
3. Menjaga Suhu Ruangan
Jika didaerah tempat tinggalmu mengalami musim dingin seperti musim hujan kamu bisa konsumsi makanan dan minuman yang hangat serta matikan alat pendingin seperti air conditioner (ac) dan kipas angin. Namun jika ditempat tinggalmu sedang cuaca panas kamu bisa buka jendela agar udara dari luar bisa masuk ke dalam ruangan serta menggunakan alat bantuan seperti air conditioner (ac) dan kipas angin.
4. Konsumsi Zymuno
Agar sistem imunitas tetap terjaga selain menjaga makanan kamu bisa mengkonsumsi suplemen tambahan dengan Zymuno. Zymuno adalah madu herbal alami yang dapat meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Terdiri dari madu hutan, meniran hijau, daun kelor, dan temulawak madu Zymuno dapat mempercepat proses penyembuhan serta menjadi penjaga di antibodi kamu.

Zymuno juga sudah bersertifikat halal dan bpom sehingga aman dan tidak menimbulkan efek samping jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Untuk penggunaan zymuno, bisa dikonsumsi mulai dari usia 2 tahun. Jika kamu tertarik mengkonsumsi Zymuno kamu bisa kunjungi sosial media resmi di instagram @zymuno.id . Selamat Mencoba! [FAS]

Bagikan Artikel Ini

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh CV Family Herbal. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Zymuno?