Terlampau Manis : Daftar Buah yang Wajib Diwaspadai Diabetes 

(ilustrasi daftar buah-buahan yang mengandung gula alami banyak, sumber : freepik)
Bagikan Artikel Ini

Buah-buahan menjadi sumber makanan yang baik untuk kesehatan sebab mengandung sumber nutrisi yang alami. Namun ada beberapa buah bagi penderita diabetes yang harus diwaspadai. 

Dalam menjaga kesehatan, daftar buah dan sayuran selalu dikonsumsi dalam meningkatkan kesehatan. Bahkan sejak kecil buah dan sayuran menjadi menu yang tidak dipisahkan ke dalam pola makan sehari-hari. 

Hal ini dikarenakan buah atau sayur mengandung vitamin dan mineral alami yang tentunya manfaat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun tahukah, bahwa tidak selamanya buah bisa dikonsumsi dalam jangka panjang atau setiap hari lho. 

Khususnya bagi penderita diabetes melitus, dimana penyakit ini kronis ini selalu ditandai dengan kadar gula darahnya yang tinggi. Salah satu faktor yang terpenting bagi penderita penyakit ini adalah mengontrol asupan gula yang masuk ke tubuh termasuk gula alami. 

Meskipun pada hakikatnya buah-buahan mengandung banyak nutrisi yang  sangat penting, namun beberapa buah memiliki kandungan gula yang tinggi. Sehingga sangat diwaspadai, bagi penderita diabetes melitus agar berhati-hati atau tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah tersebut. 

Baca Juga : Bahaya Tersembunyi: Efek Samping Konsumsi Berlebihan Nanas

Daftar Buah Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Meski buah-buahan sangat penting, namun bagi penderita diabetes ada baiknya menghindari buah-buahan yang bisa merusak atau bahkan memperparah kadar gula darahmu. Berikut beberapa daftar buah-buahan yang perlu dihindari penderita diabetes : 

1. Pisang

(pisang, sumber : freepik)

(pisang, sumber : freepik)

Meskipun kaya akan kalium dan serat, pisang juga mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Sebuah pisang sedang bisa mengandung sekitar 14 gram gula. Oleh karena itu, bagi penderita diabetes, sebaiknya memperhatikan konsumsi pisang dan memilih untuk mengonsumsi dalam jumlah yang terbatas.

2. Mangga

Mangga memiliki rasa yang manis dan kandungan gula yang tinggi. Satu mangga ukuran sedang dapat mengandung sekitar 45 gram gula. Penderita diabetes sebaiknya membatasi konsumsi mangga atau memilih varietas yang lebih kecil dalam porsi.

3. Anggur

<yoastmark class=

Anggur adalah buah yang sangat manis dan mengandung gula alami dalam jumlah yang signifikan. Mengonsumsi terlalu banyak anggur dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Bagi penderita diabetes, disarankan untuk mengonsumsi anggur dalam jumlah yang terbatas.

Baca Juga : Keajaiban Teh Hijau: Manfaat Luar Biasa Bagi Tubuh

4. Kurma

Kurma adalah buah yang kaya akan gula alami. Meskipun memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk serat dan nutrisi lainnya, kurma memiliki kadar gula yang tinggi dan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi kurma dengan bijaksana.

5. Ceri

(ceri, sumber : freepik)

(ceri, sumber : freepik)

Meskipun ceri kecil dan menyegarkan, mereka juga mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Bagi penderita diabetes, penting untuk membatasi konsumsi ceri dan memperhatikan asupan gula keseluruhan.

Itu dia beberapa jenis buah-buahan yang mengandung gula alami yang tinggi, sebenarnya buah-buahan tersebut masih bisa dikonsumsi namun dengan catatan dalam jumlah yang sedikit atau mengganti buah-buahan yang manis dengan varietas yang rendah gula. 

Hal ini untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan terkendali. Selain itu, jangan lupa untuk selalu cek keadaan kesehatan dengan tenaga profesional kesehatan untuk lebih menyesuaikan dengan pola makan agar selalu terkendali. 

Semoga informasi ini, kunjungi website zymuni.com dan sosial media instagram @zymuno.id untuk informasi selengkapnya. (FAS)

Artikel Terkait :

Benarkah Semangka Dapat Menurunkan Tekanan Darah?

Bagikan Artikel Ini

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh CV Family Herbal. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Zymuno?