Trik Jitu Tingkatkan Imunitas Setelah Vaksin Booster

(ilustrasi sedang melakukan vaksin booster, sumber : freepik)
Bagikan Artikel Ini

Vaksin identik dengan seseorang yang sedang mengalami sakit. Namun kenyataannya, vaksin dapat digunakan oleh semua orang dalam melakukan pencegahan sebelum terjadinya penyakit. 

Vaksinasi merupakan salah satu cara dalam melindungi diri dari beberapa serangan virus, bakteri, maupun penyakit menular lainnya termasuk didalamnya ada COVID-19. Tujuan diadakannya vaksin booster adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Pemberian vaksin booster, dilakukan secara bertahap seperti beberapa bulan atau juga bahkan bertahun-tahun setelah vaksinasi awal. Namun kembali lagi, semua tergantung pada jenis vaksin yang digunakan serta rekomendasi dari dokter setelah melihat riwayat kondisi kesehatan. 

Selain menjaga kesehatan diri sendiri, pemberian vaksin booster juga merupakan strategi yang sangat penting. Hal ini dikarenakan, melakukan vaksin dapat mencegah penyebaran virus ke orang disekeliling kita. 

Baca Juga : Tips Menjaga Kebersihan Ponsel Dari Kuman

Efek Samping Vaksin Booster

(efek samping vaksin booster adalah mengalami demam, sumber : freepik)

(efek samping vaksin booster adalah mengalami demam, sumber : freepik)

Jika kamu pernah melakukan vaksin untuk pertama kali, sebenarnya efek yang ditimbulkan setelah vaksin booster hampir sama seperti penggunaan di awal. Namun intensitas dan durasi akan bervariasi antar individu. Berikut adalah efek samping yang kemungkinan akan terjadi : 

1. Nyeri di Tempat Suntikan

Nyeri, kemerahan, atau pembengkakan di tempat suntikan adalah efek samping umum yang mungkin terjadi setelah menerima vaksin booster. Ini biasanya ringan dan sementara.

2. Kelelahan

Beberapa orang mungkin merasa lebih lelah dari biasanya setelah menerima vaksin booster. Ini adalah respons umum dari sistem kekebalan tubuh terhadap vaksinasi.

Baca Juga : 5 Langkah Sederhana untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

3. Demam dan Menggigil

Demam ringan dan menggigil adalah respons yang umum dari tubuh terhadap vaksinasi, termasuk vaksin booster. Ini seringkali merupakan tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang merespons vaksin dan membangun perlindungan.

4. Sakit Kepala

Beberapa orang mungkin mengalami sakit kepala setelah menerima vaksin booster. Ini juga merupakan efek samping yang umum dan biasanya bersifat ringan dan sementara.

5. Gejala Flu Ringan

Beberapa orang mungkin mengalami gejala seperti pilek atau sakit tenggorokan setelah menerima vaksin booster. Ini adalah reaksi umum tubuh terhadap vaksinasi dan biasanya akan mereda dalam beberapa hari.

6. Mual atau Gangguan Pencernaan Ringan

Beberapa orang mungkin merasa mual atau mengalami gangguan pencernaan ringan setelah menerima vaksin booster, meskipun hal ini tidak terlalu umum.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Setelah Menerima Vaksin Booster

(membantu untuk selalu minum dapat menjaga seseorang setelah vaksin booster agar selalu terhidrasi, sumber : freepik)

(membantu untuk selalu minum dapat menjaga seseorang setelah vaksin booster agar selalu terhidrasi, sumber : freepik)

Berikut adalah beberapa cara dalam menjaga daya tahan tubuh setelah menerima vaksin booster agar badan selalu fit dan terjaga : 

1. Makan Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, protein sehat, biji-bijian utuh, dan lemak sehat. Nutrisi yang cukup membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

2. Tetap Terhidrasi

Minum air dalam jumlah yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Air membantu dalam fungsi tubuh secara keseluruhan, termasuk sistem kekebalan tubuh.

3. Istirahat yang Cukup

Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup setiap malam. Istirahat yang baik membantu tubuh memperbaiki dan memperbarui dirinya sendiri, dan juga mendukung respons kekebalan tubuh.

Baca Juga : Kiat Sehat : Tips Kesehatan Penting untuk Panitia Pemilu

4. Olahraga Teratur

Lakukan aktivitas fisik secara teratur, sesuai dengan kemampuan fisik. Olahraga yang teratur membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi stres, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Kurangi Stres

Atasi stres dengan melakukan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam. Stres kronis dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga mengurangi stres penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

6. Hindari Paparan Penyakit

Lindungi diri dari paparan penyakit dengan mencuci tangan secara teratur, menghindari kontak dekat dengan orang yang sakit, dan memakai masker jika diperlukan, terutama dalam situasi dengan risiko tinggi.

7. Jaga Kebersihan Tubuh

Menjaga kebersihan tubuh adalah kunci untuk mencegah infeksi. Mandi secara teratur, ganti pakaian secara teratur, dan hindari menyentuh wajah dengan tangan yang tidak bersih.

Itu dia beberapa cara jitu dalam meningkatkan imunitas setelah vaksin booster. Meski beberapa tips di atas masih terbilang umum. Namun jika dilakukan secara teratur akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi. 

Semoga informasi ini membantu, kunjungi situs website zymuno.com dan sosial media instagram @zymuno.id untuk informasi lebih lengkapnya. Salam sehat semua! (FAS) 

Artikel Terkait : 

Tidak Selalu Romantis: Manfaat Merayakan Valentine Bagi Kesehatan 

Bagikan Artikel Ini

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh CV Family Herbal. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Zymuno?