Mengapa Tubuh Sering Mengantuk Saat Berpuasa dan Cara Mengatasinya

Mengantuk
Bagikan Artikel Ini

Selama bulan puasa, banyak orang merasakan tubuhnya lebih sering mengantuk dibandingkan dengan hari-hari biasa. Mengapa hal ini terjadi? Apakah ada hubungannya dengan perubahan pola makan dan tidur?.

Salah satu fenomena yang sering dialami oleh orang yang sedang berpuasa adalah rasa mengantuk yang lebih sering muncul dibandingkan saat tidak berpuasa. Mengapa tubuh sering mengantuk saat berpuasa dan bagaimana cara mengatasinya?

Penting untuk memahami bahwa menjaga kewaspadaan dan energi selama berpuasa sangatlah penting. Rasa mengantuk yang berlebihan dapat mengganggu produktivitas dan konsentrasi selama menjalani aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, penting untuk memahami penyebab tubuh sering mengantuk saat berpuasa serta strategi yang efektif untuk mengatasi kondisi tersebut, sehingga dapat tetap bugar dan aktif selama bulan puasa.

Penyebab Tubuh Mengantuk Saat Berpuasa

Perubahan pola makan

(Perubahan pola makan karena sahur, Sumber: Caanva)

Berikut beberapa penyebab mengapa saat berpuasa banyak orang sering mengalami rasa mengantuk yang lebih sering daripada saat tidak berpuasa.

Perubahan Pola Makan dan Minum Saat Puasa

Selama bulan puasa, pola makan dan minum seseorang berubah secara signifikan. Konsumsi makanan dan minuman yang berlebihan saat sahur atau berbuka dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah, yang pada gilirannya dapat memicu rasa mengantuk setelahnya.

Selain itu, kekurangan asupan cairan dan nutrisi penting juga dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah dan mengantuk.

Perubahan Ritme Tidur dan Aktivitas Fisik

Selama bulan puasa, ritme tidur seseorang juga dapat berubah. Banyak orang yang terbiasa tidur larut malam selama bulan puasa, sehingga menyebabkan kurangnya waktu tidur yang cukup. Selain itu, aktivitas fisik yang berkurang juga dapat menyebabkan tubuh menjadi lemah dan mengantuk.

Kehilangan Cairan dan Dehidrasi

Puasa dapat menyebabkan kehilangan cairan dalam tubuh melalui proses metabolisme dan pengeluaran cairan melalui keringat. Kehilangan cairan yang tidak tergantikan dengan baik dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat membuat tubuh menjadi lemas dan mengantuk.

Baca juga: Kurang Istirahat? Ini Dampaknya pada Kesehatan dan Daya Tahan Tubuh – Zymuno Official Website

Tips Mengatasi Tubuh Tidak Mengantuk Saat Berpuasa

Untuk mengatasi rasa mengantuk saat berpuasa, berikut adalah beberapa tips yang dapat kalian coba:

  1. Jaga Pola Tidur yang Teratur: Usahakan untuk tetap menjaga pola tidur yang teratur, meskipun sedang berpuasa. Hindari begadang atau tidur terlalu larut malam agar tubuh tetap segar saat bangun di pagi hari.
  2. Konsumsi Makanan Bergizi Saat Sahur dan Berbuka: Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, dan vitamin saat sahur dan berbuka. Makanan bergizi dapat membantu menjaga energi dan menghindari peningkatan kadar gula darah yang dapat menyebabkan mengantuk.
  3. Hindari Makanan dan Minuman yang Memicu Mengantuk: Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, gula berlebihan, atau makanan berlemak tinggi, karena dapat memicu rasa mengantuk.
  4. Berolahraga Ringan: Melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau senam ringan dapat membantu meningkatkan energi dan mengurangi rasa mengantuk.
  5. Menjaga Tubuh Terhidrasi: Pastikan untuk minum cukup air selama bulan puasa untuk mencegah dehidrasi, yang dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan mengantuk.

Baca juga: 7 Tips Kuat Puasa: Menjaga Kesehatan dan Semangat Selama Bulan Ramadhan – Zymuno Official Website

Itulah penjelasan mengapa saat berpuasa banyak orang sering mengalami rasa mengantuk yang lebih sering daripada saat tidak berpuasa. Rasa mengantuk yang sering muncul saat berpuasa dapat mengganggu produktivitas dan konsentrasi.

Oleh karena itu, penting untuk mengikuti beberapa tips sederhana untuk mengatasi rasa mengantuk saat berpuasa dan tetap bugar serta aktif selama menjalankan ibadah puasa. (idm)

Baca juga:

5 Tips dan Trik yang Efektif untuk Menjaga Stamina Saat Puasa

Bagikan Artikel Ini

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh CV Family Herbal. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Zymuno?