8 Pilihan Menu Sahur Nutrisi Tinggi untuk Memulai Puasa dengan Baik

Ilustrasi melakukan sahur
Bagikan Artikel Ini

Sahur adalah waktu makan yang dilakukan sebelum terbit fajar, dan memilih menu sahur yang tepat sangat penting untuk memulai puasa dengan baik. Pilihan menu sahur nutrisi tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan dan energi selama berpuasa.

Sahur adalah waktu makan yang dilakukan sebelum terbit fajar selama bulan puasa Ramadan. Memilih menu sahur yang tepat sangatlah penting, karena menu sahur yang baik dapat memberikan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan dan energi selama berpuasa.

Menu sahur yang tepat dapat membantu menjaga kadar gula darah, memberikan energi yang cukup, serta menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Tujuan utama memilih menu sahur yang nutrisi tinggi adalah untuk memberikan energi yang cukup dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.

Menu sahur yang nutrisi tinggi dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, serta memastikan tubuh tetap sehat dan bugar selama bulan puasa Ramadan.

Nutrisi Penting untuk Sahur

Berikut adalah beberapa nutrisi penting yang sebaiknya kalian perhatikan dalam menu sahur:

Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat kompleks seperti roti gandum, oatmeal, atau nasi merah dapat memberikan energi yang bertahan lama dan mencegah terjadinya penurunan gula darah saat puasa.

Protein

Protein penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Pilih sumber protein yang rendah lemak seperti telur, ikan, atau tahu untuk sahur kalian.

Serat

Serat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan membuat kalian merasa kenyang lebih lama. Sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh merupakan sumber serat yang baik untuk sahur.

Vitamin dan Mineral

Pastikan sahur kalian mengandung cukup vitamin dan mineral, terutama vitamin A, C, dan E, serta mineral seperti kalsium, magnesium, dan seng. Buah-buahan dan sayuran berwarna-warni merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik.

Pilihan Menu Sahur Nutrisi Tinggi

Telur rebus dan sayuran

(Telur rebus dan sayuran, Sumber: Freepik)

Berikut adalah beberapa pilihan menu sahur nutrisi tinggi yang dapat kalian pertimbangkan:

  1. Oatmeal dengan Buah-buahan Segar: Oatmeal mengandung serat tinggi yang baik untuk pencernaan. Tambahkan potongan buah-buahan segar seperti pisang, stroberi, atau blueberry untuk tambahan vitamin dan antioksidan.
  2. Telur Rebus dengan Sayuran: Telur merupakan sumber protein tinggi yang penting untuk membangun otot. Sajikan dengan sayuran seperti bayam, wortel, atau kacang panjang untuk tambahan serat dan nutrisi.
  3. Smoothie Hijau: Campurkan sayuran hijau seperti bayam atau kale dengan buah-buahan seperti mangga atau jeruk. Tambahkan yogurt tanpa gula untuk protein tambahan.
  4. Roti Gandum dengan Selai Kacang: Roti gandum mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi tahan lama. Selai kacang mengandung protein dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung.
  5. Bubur Kacang Hijau: Bubur kacang hijau mengandung serat tinggi dan protein nabati yang baik untuk pencernaan. Tambahkan sedikit gula kelapa sebagai pemanis alami.
  6. Sup Sayuran: Sup sayuran rendah kalori namun tinggi serat dan nutrisi. Tambahkan potongan daging ayam atau tahu untuk protein tambahan.
  7. Pancake Pisang: Buat pancake menggunakan tepung gandum dan tambahkan potongan pisang ke dalam adonan. Sajikan dengan madu alami sebagai pemanis alami.
  8. Sereal dengan Susu Rendah Lemak: Pilih sereal yang tinggi serat dan rendah gula tambahan. Sajikan dengan susu rendah lemak untuk tambahan kalsium.

 

Memilih menu sahur yang nutrisi tinggi dapat membantu kalian menjaga kesehatan dan energi selama berpuasa. Pastikan untuk mengonsumsi air putih secukupnya dan menghindari makanan berlemak dan berminyak agar tetap sehat dan bugar selama bulan puasa. (idm)

Bagikan Artikel Ini

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh CV Family Herbal. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Zymuno?