Tips Kilat: Atasi Sensasi Menggigil pada Tubuh

(ilustrasi seorang wanita sedang mengalami menggigil, sumber : freepik)
Bagikan Artikel Ini

Menggigil bukan hanya mengenai masalah kesehatan namun ada beberapa faktor lainnya seperti stres dan gangguan kecemasan. Mengetahui penyebab dapat memudahkan dalam mengatasi dan mengobati masalah menggigil tersebut. 

Tubuh menggigil adalah respons fisik yang melibatkan kontraksi dan relaksasi otot-otot secara berselang-seling. Proses ini dapat terjadi sebagai mekanisme tubuh untuk menghasilkan panas tambahan dan mempertahankan suhu tubuh yang normal.

Penyebab tubuh menggigil memiliki banyak alasan namun paling umum menyatakan bahwa menggigil disebabkan akibat masalah kesehatan. Pernyataan ini tentu tidak salah namun ada beberapa penyebab lainnya diluar masalah kesehatan. Berikut beberapa penyebabnya. 

Penyebab Tubuh Menggigil 

Berikut beberapa kondisi yang bisa menyebabkan tubuh kamu mengalami menggigil : 

1. Kedinginan

kedinginan menjadi salah satu penyebab seseorang dapat terkena menggigil

(kedinginan menjadi salah satu penyebab seseorang dapat terkena menggigil, sumber : freepik)

Saat kamu terpapar suhu yang rendah, tubuh bereaksi dengan menggigil untuk menghasilkan panas tambahan. Ini adalah mekanisme pertahanan alami untuk mencegah hipotermia.

2. Demam

Saat tubuh mengalami infeksi atau penyakit tertentu, sistem kekebalan tubuh dapat meningkatkan suhu tubuh untuk membantu melawan agen penyebab penyakit. Peningkatan suhu ini dapat menyebabkan menggigil sebagai respons tubuh untuk meningkatkan produksi panas.

3. Stres atau Kecemasan

ilustrasi seorang wanita sedang mengalami gangguan kecemasan

(ilustrasi seorang wanita sedang mengalami gangguan kecemasan, sumber : freepik)

Kondisi emosional seperti stres atau kecemasan dapat memicu respons fight-or-flight dalam tubuh, yang dapat meningkatkan aktivitas otot dan menyebabkan menggigil.

4. Racun atau Keracunan

Paparan terhadap racun atau zat-zat tertentu dapat merangsang sistem saraf dan menyebabkan tubuh menggigil sebagai respons pertahanan.

5. Reaksi Obat

Beberapa obat atau pengobatan tertentu dapat menyebabkan efek samping berupa menggigil.

6. Kelaparan

Saat tubuh mengalami kelaparan, dapat terjadi penurunan suhu tubuh yang menyebabkan menggigil untuk menghasilkan panas tambahan.

Namun perlu diingat jika kamu mengalami kondisi yang tidak jelas akan tetapi kamu merasakan demam secara tiba-tiba segera periksakan diri ke dokter atau tenaga medis profesional. Hal ini untuk menentukan pengobatan yang tepat dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Tips Mengatasi Tubuh yang Menggigil

Mengatasi tubuh yang mengalami demam melibatkan langkah-langkah untuk meredakan gejala dan membantu tubuh pulih. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk meredakan tubuh yang menggigil : 

1. Istirahat Total

Istirahat sangat penting untuk memberi kesempatan tubuh untuk memerangi infeksi atau penyebab demam. Hindari aktivitas fisik yang berat, beristirahatlah dalam posisi nyaman, dan berikan waktu istirahat yang cukup.

2. Atasi Kedinginan

Kenakan pakaian hangat, terutama pada bagian tubuh yang rentan terhadap dingin seperti kepala, tangan, dan kaki. Gunakan selimut atau bahan isolasi termal untuk mempertahankan suhu tubuh.

BACA JUGA : Tips Perkuat Imun Agar Tak Mudah Sakit saat Pergantian Musim

3. Kelola Stres dan Kecemasan

Berlatih teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga untuk mengurangi stres. Pijat atau akupuntur juga dapat membantu merilekskan otot.

4. Hindari Zat Beracun

Hindari paparan terhadap zat kimia atau racun yang dapat menyebabkan menggigil. Konsultasikan dengan dokter jika Anda merasa gejala disebabkan oleh paparan zat tertentu.

5. Aktivitas Fisik Ringan

Gerakan tubuh dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan produksi panas. Pilih aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki atau peregangan.

6. Konsumsi Cairan yang Cukup

Pastikan kamu tetap terhidrasi dengan cukup minum air. Cairan membantu menjaga suhu tubuh dan mencegah dehidrasi, yang dapat memperburuk gejala menggigil.

7. Periksa Gangguan Kesehatan Lainnya

Konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan menyeluruh jika menggigil terjadi secara terus-menerus. Ini dapat membantu mengidentifikasi kemungkinan gangguan kesehatan yang mendasarinya.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam mengatasi tips kilat dalam menghadapi menggigil. Jika menggigil terus berlanjut dan menimbulkan beberapa tanda yang mengkhawatirkan, sebaiknya periksakan diri dengan segera untuk mengetahui penyebab apa yang terjadi. 

Jangan dipendam dan segera terbuka kepada orang sekitar mengenai kondisi kesehatanmu terkini. Semoga artikel ini membantu dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan baik secara fisik maupun mental. Salam sehat, Kawan Zymuno! (FAS)

ARTIKEL TERKAIT : 

Kekebalan Tubuh dalam Kesehatan Mental: Keterkaitan Antara Kesehatan Pikiran dan Tubuh

 

Bagikan Artikel Ini

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh CV Family Herbal. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Zymuno?