Cara Efektif Mengatasi Stres Saat Bekerja

(ilustrasi seseorang mengalami stres saat bekerja, sumber : freepik)
Bagikan Artikel Ini

Stres dapat terjadi dimana saja termasuk di dalam dunia pekerjaan. Penyebabnya mulai dari tuntutan pekerjaan, konflik antar karyawan, diskriminasi, dan lainnya. Mengetahui langkah atau cara yang efektif agar dapat diaplikasikan saat bekerja.  

Stres merupakan fenomena alamiah dan hal umum yang bisa terjadi oleh semua orang tanpa memandang usia baik anak-anak sampai dengan orang tua. Penyebab terjadi stres bisa dikarenak berbagai faktor baik internal maupun eksternal

Termasuk di lingkungan kerja yang memiliki banyak tekanan. Hal ini dipicu mulai dari deadline yang ketat, tuntutan pekerjaan yang tinggi, konflik interpersonal, maupun lainnya. Namun hal penting yang bisa dilakukan adalah menemukan cara yang efektif untuk mengatasi stres. Agar kesejahteraan dan produktivitas tetap terjaga. 

Sebelum mengetahui langkah-langkah dalam mengatasi stres saat bekerja, ada baiknya untuk melihat penyebab mengapa seseorang mengalami stres saat bekerja. Meskipun masing-masing memiliki alasan dan faktor penyebab yang berbeda. 

Baca Juga : Workaholic: Tips Jaga Imun Saat Sibuk Bekerja 

Penyebab Seseorang Mengalami Stres Saat Bekerja 

(penyebab stres bisa terjadi karena tuntutan atau deadline yang menumpuk, sumber: freepik)

(penyebab stres bisa terjadi karena tuntutan atau deadline yang menumpuk, sumber: freepik)

Stres merupakan sebuah respon tubuh dalam menghadapi sebuah tekanan dan tantangan. Berikut beberapa aspek yang menjelaskan bahwa seseorang mengalami stres saat bekerja : 

1. Tuntutan Pekerjaan yang Tinggi

Beban kerja yang berlebihan, tenggat waktu yang ketat, dan ekspektasi yang tinggi dapat menciptakan tekanan yang memicu stres. Banyak pekerja merasa tertekan untuk mencapai target dan memenuhi harapan atasan.

2. Ketidakpastian Pekerjaan

Ketidakpastian mengenai stabilitas pekerjaan, restrukturisasi perusahaan, atau perubahan kebijakan dapat menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan di kalangan karyawan. Rasa tidak aman terkait pekerjaan dapat menjadi sumber stres yang signifikan.

3. Ketidakseimbangan Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Sulitnya menciptakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi dapat menyebabkan stres. Overwork dan kurangnya waktu untuk beristirahat dapat berdampak negatif pada kesejahteraan mental dan fisik.

4. Konflik interpersonal

Masalah hubungan di tempat kerja, konflik antar rekan kerja, atau ketidaksepahaman dengan atasan dapat menciptakan lingkungan yang tidak menyenangkan, yang kemudian dapat menyebabkan stres.

5. Ketidaksetaraan dan Diskriminasi

Masalah ketidaksetaraan, diskriminasi, atau perlakuan tidak adil di tempat kerja dapat menciptakan lingkungan yang tidak sehat secara emosional dan meningkatkan risiko stres.

Baca Juga : 5 Tips Ampuh Mengatasi Stres di Tempat Kerja

Langkah Mengatasi Stres Saat Bekerja

(ilustrasi seseorang mengambil istirahat di tengah-tengah sibuknya pekerjaan, sumber : freepik)

(ilustrasi seseorang mengambil istirahat di tengah-tengah sibuknya pekerjaan, sumber : freepik)

Mengatasi stres saat bekerja sangat penting dilakukan, hal ini agar individu yang mengalami dapat menjalani kehidupan selanjutnya. Berikut beberapa cara atau langkah dalam mengatasi stres saat bekerja : 

1. Rencanakan dan Prioritaskan Tugas

Satu sumber utama stres di tempat kerja adalah beban kerja yang terlalu banyak. Rencanakan pekerjaan dengan membuat daftar tugas, kemudian prioritaskan sesuai urgensi dan pentingnya. Fokus pada tugas yang krusial terlebih dahulu, dan jangan ragu untuk meminta bantuan jika diperlukan.

2. Berikan Waktu untuk Istirahat

Memberikan waktu untuk istirahat penting agar pikiran dan tubuh dapat melepaskan tekanan. Istirahat singkat setiap jam dapat meningkatkan produktivitas dan membantu mengurangi stres. Luangkan waktu untuk berjalan-jalan sebentar atau lakukan aktivitas relaksasi yang dapat mengembalikan energi.

3. Terapkan Teknik Manajemen Waktu

Mengelola waktu dengan bijak dapat membantu mengurangi stres. Gunakan teknik manajemen waktu seperti Pomodoro, di mana bekerja selama 25 menit, kemudian istirahat selama 5 menit. Siklus ini membantu menjaga fokus dan mencegah kelelahan.

4. Komunikasi Efektif

Terbuka dalam berkomunikasi dengan atasan, rekan kerja, atau bawahan dapat membantu mengurangi ketegangan di lingkungan kerja. Jangan ragu untuk menyampaikan perasaan atau kesulitan yang kamu hadapi. Terkadang, berbicara tentang stres dapat memberikan solusi atau setidaknya pemahaman dari pihak lain.

5. Latihan Fisik

Aktivitas fisik tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga dapat membantu mengurangi stres. Olahraga ringan atau bahkan sekadar berjalan kaki sebentar dapat meredakan ketegangan dan meningkatkan mood.

Baca Juga : Power Nap: Manfaat Positif dari Tidur Siang untuk Kesehatan

6. Praktikkan Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga dapat membantu mengatasi stres. Sisihkan waktu setiap hari untuk melakukan latihan relaksasi ini guna menjaga keseimbangan mental dan emosional.

7. Buat Batasan Antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Hindari membawa pekerjaan ke rumah atau sebaliknya. Buat batasan yang jelas antara waktu kerja dan waktu pribadi untuk menjaga keseimbangan hidup. Ini membantu mencegah kelelahan dan memungkinkan kamu untuk benar-benar bersantai saat istirahat.

Nah itu dia beberapa cara atau langkah dalam mengatasi stres saat bekerja. Tentu masih banyak lagi cara yang lain dalam mengatasi hal tersebut. Namun ada pentingnya untuk melakukannya mulai dari sekarang.

Sebab  stres merupakan sebuah permasalahan krusial yang sangat penting, terlebih menyangkut pada masalah pekerjaan. Tentu kita tidak mau pekerjaan kita terganggu kan.

Hal yang cukup diperhatikan bahwa, masing-masing memiliki cara yang berbeda dalam menciptakan suasana yang kondusif dan pemikiran yang sehat. Apapun caranya asalkan tidak mengganggu kepentingan diri sendiri dan orang lain, kamu bisa lakukan. 

Cobalah berbagai metode dan temukan mana yang efektif dalam mengatasi permasalahan yang sedang dialami. Semoga informasi ini membantu, kunjungi situs website zymuno.com dan sosial media instagram @zymuno.id (FAS)

Artikel Terkait :

Pekerjaan Banyak, Sampai Begadang? Timbul Penyakit Gak Tuh?

Bagikan Artikel Ini

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh PT Herbathos Untuk Indonesia. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Zymuno?