Manfaat Menanam Pohon Bagi Kesehatan 

(ilustrasi menanam pohon yang dilakukan oleh orang tua dan anak, sumber : freepik)
Bagikan Artikel Ini

Menanam pohon memiliki manfaat yang begitu ragam. Dapat meningkatkan kualitas udara, reduksi stres, perlindungan terhadap sinar UV dan lainnya. Menanam pohon juga bisa menciptakan suasana yang bersih.

Pohon adalah makhluk hidup yang memiliki manfaat penting bagi kehidupan di muka bumi ini. Melalui pohon semua makhluk hidup bisa melanjutkan kehidupan sampai dengan sekarang. Baik yang di darat, lautan, maupun udara. 

Maka sangat penting melakukan gerakan lanjutan seperti menanam pohon. Menanam pohon sendiri tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, akan tetapi juga memiliki dampak positif yang cukup signifikan bagi kesehatan manusia. 

Di tengah perubahan iklim di muka bumi yang cukup ekstrim seperti penurunan kualitas udara, menanam pohon menjadi salah satu langkah konkret yang bisa ditempuh. Sebut saja saat, Kota Jakarta terpapar polusi yang sangat mencekam. 

Tidak hanya mengurangi kegiatan dengan kendaraan pribadi, namun harus ada perubahan dan bantuan dari diri masyarakat yakni menjaga lingkungan dengan mencintai dan belajar untuk menanam pohon kembali. Sehingga kegiatan ini bisa meningkatkan kesehatan individu dan masyarakat secara keseluruhan. 

Baca Juga : 6 Manfaat Tanaman Bunga Matahari : Serba Guna

Manfaat Menanam Pohon Bagi Kesehatan 

(menanam pohon memiliki manfaat yang baik untuk kepentingan dan kesejahteraan makhluk hidup, sumber : freepik)

(menanam pohon memiliki manfaat yang baik untuk kepentingan dan kesejahteraan makhluk hidup, sumber : freepik)

Menanam pohon memiliki banyak manfaat bagi manusia, tidak hanya pohonnya itu sendiri. Namun kegiatan atau aktivitas fisik menanam pohon juga baik karena manusia dipaksa untuk melatih diri sendiri untuk selalu bergerak. 

Berikut adalah beberapa manfaat menanam pohon diantaranya sebagai berikut : 

1. Peningkatan Kualitas Udara

Pohon berperan sebagai penyaring alami udara dengan menyerap polusi dan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Dengan menanam lebih banyak pohon, kualitas udara di sekitar tempat tinggal kita bisa meningkat, mengurangi risiko penyakit pernapasan seperti asma dan bronkitis.

2. Reduksi Stres dan Meningkatkan Kesejahteraan Mental

Berada di sekitar pohon dan alam secara keseluruhan telah terbukti dapat mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. Interaksi dengan alam memberikan efek menenangkan dan meredakan kecemasan serta depresi.

3. Perlindungan Terhadap Radiasi UV

Pohon memberikan peneduh alami yang dapat melindungi kita dari paparan sinar ultraviolet (UV) berbahaya. Ini membantu mengurangi risiko penyakit kulit seperti kanker kulit dan penuaan dini.

Baca Juga : Lavender: Tanaman Pengusir yang Aromatik dan Berguna

4. Menyediakan Buah dan Makanan

Beberapa jenis pohon menghasilkan buah atau tumbuhan yang dapat dimakan. Konsumsi buah-buahan dan makanan dari pohon yang sehat dapat meningkatkan asupan gizi dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

5. Mendukung Keseimbangan Ekosistem

Pohon merupakan bagian penting dari ekosistem bumi. Mereka menyediakan habitat bagi berbagai makhluk hidup, termasuk hewan, burung, dan serangga. Dengan mempertahankan dan menanam pohon, kita dapat mendukung keberlanjutan ekosistem yang beragam.

6. Mengurangi Risiko Banjir dan Erosi Tanah

Akar pohon membantu menahan tanah dan mencegah erosi. Dengan menanam pohon di sekitar sungai atau daerah rawan banjir, kita dapat mengurangi risiko banjir serta menjaga kestabilan tanah.

7. Menyediakan Udara Segar

Selain menghasilkan oksigen, pohon juga melepaskan uap air ke atmosfer melalui proses transpirasi. Ini membantu menjaga kelembaban udara dan menyediakan udara segar bagi kita untuk bernapas.

8. Meningkatkan Kondisi Fisik

Aktivitas menanam pohon sendiri juga memberikan manfaat bagi kesehatan fisik. Proses berkebun dan beraktivitas di luar ruangan dapat meningkatkan kebugaran fisik dan memberikan kesempatan untuk berolahraga ringan.

Rekomendasi Pohon Yang Mendatangkan Kesehatan

Baca Juga : Menggali Manfaat Pahit: Makanan untuk Tingkatkan Kekebalan

Perlu kita ketahui, sejatinya semua tumbuhan memiliki manfaat yang sama yakni sama-sama baik untuk menjaga kesehatan dan lingkungan. Berikut beberapa rekomendasi pohon yang bisa mendatangkan kesehatan : 

1. Pohon Buah-Buahan

Pohon-pohon buah seperti apel, jeruk, mangga, dan pisang menghasilkan buah yang kaya akan nutrisi. Mengkonsumsi buah-buahan segar dari pohon-pohon ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyediakan vitamin dan antioksidan penting.

2. Pohon Herbal

Pohon-pohon herbal seperti lavender, rosemary, dan mint memiliki sifat-sifat penyembuhan yang telah dipelajari sejak zaman kuno. Tanaman herbal ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan stres, meningkatkan pencernaan, dan mengatasi berbagai masalah kesehatan lainnya.

3. Pohon Teh

Pohon teh, seperti Camellia sinensis, merupakan sumber daun untuk teh yang kaya akan antioksidan dan senyawa-senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Teh memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan konsentrasi, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan kesehatan mental.

4. Pohon Lavender

Lavender adalah tanaman yang dikenal akan aromanya yang menenangkan. Minyak lavender sering digunakan dalam aromaterapi untuk meredakan stres, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kualitas tidur.

Nah itu dia beberapa manfaat menanam pohon dan sebagian jenis pohon yang bisa direkomendasikan. Untuk itu perlu disadari, bahwa menanam pohon dapat menciptakan lingkungan yang hijau dan indah. 

Selain itu, menanam pohon juga bisa melanjutkan kesejahteraan makhluk hidup di muka bumi ini. Jadi sebagai manusia sangat penting menjaga lingkungan untuk kepentingan bersama. Salam hijau! (FAS)

Artikel Terkait :

Selain Air Purifier, Ini Dia Tanaman Penyerap Polusi Udara

Bagikan Artikel Ini

Belanja Zymuno di Marketplace Kesayangan Anda

Dapatkan manfaat kombinasi 4 bahan herbal pilihan terbaik yang terdapat pada Zymuno di merketplce pilihan anda Anda dan apotek terdekat

Zymuno merupakan madu dengan kombinasi dari 4 bahan herbal pilihan terbaik yang diformulasikan untuk memelihara daya tahan tubuh tetap prima.

Informasi

Telah terdaftar dan tersertifikasi
BPOM dan Halal Indonesia

© 2023 Hak cipta oleh PT Herbathos Untuk Indonesia. Dilindungi oleh undang-undang.

Open chat
Hallo 👋
Ada yang bisa kami bantu terkait produk Zymuno?